Bank MM Official Website

Sejarah Singkat Bank MM

PT. BPR Masyarakat Mandiri ataulebih dikenal Bank MM didirikan di Sidoarjo sejak 1 Mei 1990 dengan nama BPR Artha Nunggal dan mulai beroperasi pada 13 Maret 1991 yang ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. KEP-086/KM.13/1991, kemudian berganti nama dan kepemilikan menjadi PT. BPR Masyarakat Mandiri sesuai dengan Keputusan Pemimpin Bank Indonesia No. 6/33/KEP.PBI/Sb/2014 dan saat ini berkantor dengan alamat Ruko Istana Candimas Regency Blok A no. 6F, Candi, Sidoarjo. Bank MM telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangann (OJK) serta menjadi Bank Peserta Penjaminan LPS dengan nomor peserta 32300071.

Logo Bank MM

Logo Bank MM Lama
Logo Lama
Bank MM Official Website
Logo Baru

Visi & Misi Bank MM

Visi
Menjadi Bank Komunitas yang dipercaya dalam kemitraan dengan masyarakat.

Misi
Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan komunitas dengan memberikan akses keuangan yang mudah.

Bank MM bergerak dalam usaha perbankan, melayani Tabungan, Deposito dan Kredit. Pelayanan yang baik menjadi prioritas utama dari kami dengan maksud agar setiap nasabah merasa menjadi bagian dari keluarga besar Bank MM.

Bank MM sangat peduli dan mendukung setiap program pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia dalam mensosialisasikan manfaat menabung dan wawasan akan dunia perbankan itu sendiri khususnya BPR. Maka dari itu, kami senantiasa mengadakan pendekatan langsung ke masyarakat lewat berbagai penyuluhan dan kegiatan yang bermuatan edukasi perbankan, khususnya pada calon nasabah usia pelajar dan dunia usaha mikro, kecil dan menengah. Dampak nyata dari usaha itu sangat positif dalam membangun citra BPR dimata masyarakat; para pelajar, pedagang pasar, pemilik warung, pegawai negeri maupun swasta dan para wirausahawan mulai bergabung menjadi nasabah. Karena mereka sadar akan nilai plus dan secure value dengan menabung di BPR dibanding menabung konvensional atau memakai jasa rentenir.

Bank MM sebagai lembaga perbankan yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK merupakan lembaga perbankan yang diakui kelegalitasannya. Dan oleh karena telah menjadi Bank Peserta Penjaminan LPS maka seluruh Dana Simpanan masyarakat baik Tabungan dan Deposito dijamin oleh Pemerintah 100%.

Ultimate Shareholders

Dr. H. Jazilul Fawaid, SQ. MA
Dr. H. Jazilul Fawaid, SQ. MA

Shareholders

Muhammad Syahrul Munir, S.S, M.Hum
Muhammad Syahrul Munir, S.S, M.Hum

Mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Menurut definisi, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan lembaga keuangan bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang disamakan dan menyalurkan dana sebagai usaha BPR. Status BPR diberikan kepada lembaga keuangan yang disamakan berdasarkan UU Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dengan memenuhi persyaratan tata cara yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah. Karena tujuannya adalah untuk membantu pemodalan atau penyaluran dana bagi usaha mikro dan kecil menengah (UMKM), umumnya status BPR dapat diberikan pada lembaga-lembaga dengan lokasi yang dekat dengan masyarakat kecil yang membutuhkan.

Beberapa contoh usaha yang dilakukan oleh BPR antara lain adalah:

  1. Menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan (contohnya: deposito berjangka, tabungan, dan/atau bentuk lainnya yang disamakan dengan itu).
  2. Memberikan produk pinjaman atau kredit.
  3. Menyediakan pemodalan bagi nasabah berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah.
  4. Menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, sertifikat deposito, dan/atau tabungan pada bank lain. Keterangan: SBI adalah sertifikat yang ditawarkan Bank Indonesia kepada BPR apabila BPR mengalami over liquidity atau kelebihan likuiditas